--> Skip to main content
Mr Hadi Dot Com

follow us

Soal UN Matematika 2014 yang dari PISA

Soal UN Matematika 2014 yang dari PISA

Soal UN Matematika 2014 yang dari PISA. Selamat bertemu dengan Ujian Nasional, pada kesemapatan yang baik ini Ujian Nasional, sebuah blog sederhana yang menoca posting seputar Ujian Nasional akan posting dengan judul "Soal UN Matematika 2014 yang dari PISA". Posting ini terinspirasi setelah mendapat sms dari teman guru yang isinya " Pak Soal PISA yang akan keluar kira-kira ada berapa?" Wah penulis ketika mendapat sms tersebut tidak bisa menjawab, karena memang tidak tahu. Tapi setelah browsing ke internet ternyata bisa menemukan dan baru tahu hal tersebut.

Soal PISA dan Ujian Naisonal SMP

Beberapa waktu lalu Mendikbud Mohammad Nuh menyatakan soal UN tahun ini sengaja diselipkan soal-soal berstandar dunia. Tujuannya selain untuk pemetaan kualitas pendidikan Indonesia secara riil. Kemudian berfungsi untuk penilaian kualitas pembelajaran Indonesia sesuai dengan pemeringkatan PISA. (seperti dilansir dalam jpnn.com).

Dalam Soal Ujian Nasional Matematika ternyata sda soal menggunakan "standar internasional" Programme for International Study Assessment (PISA) dalam naskah soal UN SMP 2014 Adapun link sumbera dari PISA tersebut adalah http://www.oecd.org/pisa/pisaproducts/pisa2012-2006-rel-items-maths-ENG.pdf

Berikut ini keterangan Mendikbud, Muhammad Nuh terkait Soal PISA di UN Matematika SMP 2014, seperti tertera dalam laman kemdikbud.go.id  :

Soal UN Matematika 2014 yang dari PISA
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh mengatakan, sebagai salah satu anggota Programme for International Student Assessment (PISA), Indonesia diperbolehkan menggunakan soal-soal  ujian PISA untuk kepentingan pendidikan. Hal tersebut diungkapkannya dalam akun Twitter Mendikbud pada Rabu (07/05/2014).

“Sebagai anggota PISA, Indonesia diperkenankan menggunakan soal-soal yang ada untuk kepentingan pendidikan,” kata Mendikbud dalam akun twitternya, @Mohammad_Nuh_.

Soal UN Matematika 2014 yang dari PISA
Ia juga menjelaskan dalam tweet selanjutnya, Indonesia juga mengembangkan soal-soal bersama negara-negara anggota PISA lainnya untuk digunakan bersama-sama. Mendikbud pun berterima kasih atas informasi terkait isu penjiplakan soal UN SMP untuk mata pelajaran Matematika.

Penjelasan Mendikbud dalam akun twitternya tersebut dilakukan terkait ramainya pemberitaan mengenai butir soal UN yang sama persis dengan soal PISA, baik pada pertanyaan maupun pada pilihan ganda yang tersedia.

PISA (Programme for International Student Assessment) adalah studi internasional tentang prestasi literasi membaca, matematika, dan sains siswa sekolah berusia 15 tahun, yang dikoordinasikan oleh OECD (Organization for Economic Cooperation and Development) yang berkedudukan di Paris, Perancis.

Semoga sedikit gambaran "Soal UN Matematika 2014 yang dari PISA" di atas bermanfaat.

Keywords : Soal UN Matematika 2014 yang dari PISA

Terima kasih: Anda telah membaca postingan berjudul Soal UN Matematika 2014 yang dari PISA dengan kategori: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Semoga bermanfaat.
Tambahkan aplikasi Mr Hadi Dot Com di smartphone tanpa install, buka Mr Hadi Dot Com dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Mr Hadi Dot Com dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar