--> Skip to main content
Mr Hadi Dot Com

follow us

Kerahasiaan Soal UN 2014

Kerahasiaan Soal UN 2014

Soal UN 2014. Ujian Nasional (UN) 2014 untuk SMA/SMK/MA akan berlangsung kurang dari seminggu lagi. Saat ini naskah soal UN sedang dalam proses distribusi ke kabupaten dan kota. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh menegaskan, unsur kerahasiaan soal UN akan tetap dijaga selama proses distribusi di kabupaten dan kota, hingga tiba di sekolah pada hari pelaksanaan.

Soal UN 2014 dijamin Tidak Bocor

“Oleh karena itu soal (UN) itu mulai dari perjalanan proses percetakan atau proses nyetak, selalu ada tiga pihak yang melekat, yaitu dinas pendidikan, kepolisian, dan perguruan tinggi. Tiga (pihak) ini melekat,” ujar Mendikbud usai jumpa pers di Gedung A Kemdikbud, Jakarta, (07/04/2014).

Ia menceritakan, pada Sabtu (05/04/2014) lalu, ia melihat langsung tempat penyimpanan naskah UN di Polrestabes Surabaya, Jawa Timur. Pengecekan dilakukan mendadak, dengan ditemani Wakapolda Jatim Brigjen Pol Suprodjo W.S. Saat melihat ruang penyimpanan soal UN, Mendikbud dan rombongan melihat pintu ruang penyimpanan masih tersegel.

Pengamanan Soal UN 2014 
Bentuk pengamanan terhadap ruang penyimpanan soal UN, jelas Mendikbud, menggunakan tiga macam gembok dan kunci yang berbeda. Setiap pihak (dinas pendidikan, kepolisian dan perguruan tinggi) yang mendampingi pengawalan soal UN masing-masing membawa satu kunci.

“Sehingga kalau tiga pihak ini tidak bersepakat, tidak bisa dibuka. Kecuali kalau ketiganya itu sepakat. Sepakatnya itu kapan? Ada waktunya, yaitu pada saat H-1 dibuka,” ujar Mendikbud.

Ia menjelaskan, pada H-1 pelaksanaan UN, ketiga pihak tersebut akan bersepakat bersama-sama membuka ruang penyimpanan soal UN. Selanjutnya soal-soal tersebut akan didistribusikan ke rayon. Kemudian pada pagi-pagi keesokan harinya, yaitu hari-H, soal-soal UN akan dibawa dari rayon ke sekolah-sekolah. Mendikbud menegaskan dirinya optimis unsur kerahasiaan UN akan terjaga dan UN bisa berjalan dengan baik dan lancar. “Bacaan batin saya aman,” pungkasnya.

Keywords : Kerahasiaan Soal UN 2014, Soal UN 2014 dijamin tidak bocor


Terima kasih: Anda telah membaca postingan berjudul Kerahasiaan Soal UN 2014 dengan kategori: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Semoga bermanfaat.
Tambahkan aplikasi Mr Hadi Dot Com di smartphone tanpa install, buka Mr Hadi Dot Com dengan browser Chrome di smartphone lalu klik ikon 3 titikdi browser kemudian pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya klik aplikasi Mr Hadi Dot Com dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar